Penjelasan dan Fungsi Layer Photoshop

6:37 PM


kali ini saya sedikit menjelaskan tentang Layer yang ada di Photoshop. Layer merupakan lapisan yang berfungsi sebagai tempat objek. Fungsi layer memungkinkan sobat mengedit satu objek tanpa mengganggu objek lainnya. Contohnya, jika sobat mengedit gambar 1 maka tidak akan berpengaruh pada gambar 2. Sobat bisa mengubah komposisi layer dan urutan layer. Layer berisi 1 objek sehingga bisa di edit tanpa menggangu objek lainnya. Misal ketika sobat memberikan efek tertentu (layer syle) pada sebuah layer, maka dapat di duplikasi layer style ke layer yang lain dengan bentuk yang sama.



Berikut saya mencoba menuliskan keterangan dari layer Properties beserta fungsinya..

A. Layer Blending Option
Berfungsi untuk mengatur proses yang terjadi pada pixel-pixel layer terhadap layer yang posisinya berada dibawahnya.

B. Image Adjustment Layer
menunjukan sebuah gambar layer yang berfungsi untuk pengaturan warna

C. Layer Thumbnail
merupakan tampilan gambar kecil anda, jika berupa text maka gambar tampilannya adalah icon huruf T.
Layer ini menunjukan layer yang aktif (terpilih) ditandai dengan warna yang berbeda dengan layer lainnya. Sobat juga bisa menyeleksi layer dengan cara klik kanan pada thumbnail layer kemudian pilih layer transparency atau bisa juga dengan Ctrl + klik pada thumbnail layer.

D. Eye Ball/Visibility
Fungsinya untuk menampilkan/tidaknya layer sobat, dengan cara meng-klik layangnya sebuah centangan.

E. Link
Fungsinya untuk mengelompokkan banyak layer sekaligus, caranya pilih nama-nama layers yang ingin di kelompokkan dengan menekan tombol (Shift + klik) setelah itu klik ikon ini.

F. Layer Style
Digunakan untuk membuat layer yang sama fungsinya seperti menu Layer > Layer Style

G. Add Layer Mask
Digunakan untuk menutup sebagian/seluruh lapisan gambar dari proses pengeditan.

H. New Adjustment Layer
Digunakan untuk membuat layer yang berfungsi sebagai pengubah warna.

I. Layer Group
Digunakan untuk mengelompokkan beberapa layer sekaligus

J. New Layer
Digunakan untuk membuat layer baru yang kosong. Bisa juga untuk menduplikasi layer dengan cara menyeret layer ke ikon ini.

K. Delete Layer
Digunakan untuk menghapus layer, akifkan layer yang ingin dihapus lalu klik ikon ini. Bisa juga menekan tombol Del pada keyboard.

L. Locked Layer
ikon gembok tersebut menandakan bahwa layer terkunci., secara umum gambar yang berekstensi .jpg akan terkunci layernya. Untuk membukanya klik 2x pada layer lalu klik OK pada kotak dialog yang muncul.

M. Fill Opacity
Berfungsi untuk mengatur transparency layer untuk layer style. Yakni Fill ini tidak mengatur bagian layer style. Jadi pilihan tepat jika anda menggunakan layer style.

N. Opacity
Berfungsi untuk mengatur tingkat transparency pada layer, semakin kecil nilai presentase maka gambar semakin transparan.

O. Palette Menu
Digunakan untuk menampilkan pilihan menu palet.

Demikian sedikit penjelasan dari saya tentang menu Layer Properties, sobat bisa mengembangkannya secara otodidak atau mengunggu tutorial selanjutnya di Ainal Share ..
Semoga bermanfaat ..