Sampah Plastik, Bencana atau Berkah?

5:06 AM

Sampah akan menjadi masalah yang tidak ada hentinya, karena dia muncul setiap hari dengan jumlah yang tidak sedikit. Meski sudah tersedia tempat sampah oleh pemerintah setempat, faktanya masih banyak masyarakat yang membuang sampah sembarangan. Seperti fenomena pembuangan kucing ke pasar, sampah dibuang ke sebuah tempat yang tidak semestinya. Tempat itu adalah sungai dan lahan kosong di tepi jalan, lahan kosong adalah wadah yang setiap harinya menjadi pembuangan sampah terus menggunung tinggi hingga sang pemilik tanah pun memasang papan larangan bertuliskan ancaman denda. Tapi papan tersebut seakan ghaib, tak dihiraukan sedikitpun oleh si pembuang sampah.


Tak kalah dari lahan kosong, sungai pun menjadi tempat favorit untuk menghanyutkan sampah, tanpa berpikir kemana dan dimana sampah akan berlabuh. Mungkin membuang sampah disungai dirasa praktis, karena sampah terbawa oleh air dan tidak terlihat mata. Namun jika terus menerus dilakukan akan menjadi fatal, karena debit air tak sebanding dengan banyaknya sampah.


Mayoritas dari sampah tersebut adalah sampah plastik, mengingat semua kebutuhan hidup tak lepas dari plastik yang lebih simpel digunakan. Namun sampah plastik sangat sulit untuk terurai oleh tanah, butuh beberapa tahun bahkan puluhan tahun agar dapat terurai. Ini tentu tak boleh dibiarkan begitu saja, butuh langkah inovasi untuk menjadikan sampah menjadi barang yang lebih berguna dengan cara mengelola kembali sampah plastik yang terbuang. Bentuknya pun beragam salah satunya adalah seni kerajinan tangan, yang dapat berupa tas, payung, juga  hiasan dinding.

Source Pict by Pasar Sampah

Selain itu sampah plastik juga bisa dimanfaatkan menjadi bahan bakar minyak, ini tentu bisa menjadi solusi yang tepat dengan banyak manfaat, dikutip dari Blog SMKN 3 Madiun. 

Source Pict by SMKN 3 Kimia Madiun
Dengan begitu apakah anda memilih untuk membuang sampah sembarangan yang datangkan bencana atau membuat langkah inovasi yang bisa berguna. Minimal menghentikan kebiasaan untuk membuang sampah sembarangan agar lingkungan terjaga kebersihannya.